Cara dan Kendala Mengenali 65 Jenis Pohon

Posted December 8th, 2016 by Dinda Putri

Tugas Mata Kuliah Fitogeografi Pohon

Dosen : Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D

Sebagai seorang mahasiswa kehutanan, wajib rasanya jika harus mengenali berbagai jenis pohon dengan berbagai ciri dan nama ilmiahnya, namun bagaimana jika mengenal paling sedikit 65 jenis pohon???. Buat saya sih ini menyeramkan hehe, eitss tapi bukan mahasiswa kehutanan kalau mudah menyerah dengan angka 65 itu haha Kali ini saya ingin sedikit berbagi cara untuk mengenali jenis pohon dan apa saja kendala yang biasanya saya hadapi.

1. Yang pertama dan paling utama yang perlu dan penting serta wajib yang jangan sampai terlupakan untuk dilakukan adalah nawaitu, tumbuhkan NIAT dulu hehe. Apapun yang diawali dengan niat inshaallah kedepannya akan dimudahkan. Oke ini seriuss lho

2. Anak gaul sekarang sih nyebutnya KEPO yang merupakan akronim dari Knowing Every Particular Object. Kepo juga penting lho eitss jangan cuma kepo-in mantan yaa pohon juga butuh dan perlu kepo-an kita haha. Dimulai dari pohon-pohon di sekitar rumah, biasanya saya kepo dengan nama ilmiahnya kemudian hal yang saya lakukan searching tuh di internet.

3. Buah tidak hanya untuk dimakan lho, sebagai mahasiswa kehutanan nyatanya buah bisa membantu saya untuk mengenali jenis pohon apalagi kalau buahnya lezat dan berpotensi untuk dimakan haha. Berbicara soal buah, buah yang sangat membantu saya untuk mengingat salah satu jenis pohon kehutanan adalah buah dari pohon meranti yang mempunyai nama latin Shorea leprosula. Buah dari pohon meranti ini cukup unik karena memiliki sayap. Lidah memang tak bertulang, tapi ingatlah bahwa buah meranti bersayap haha (apa coba????)

4. Bentuk daun pada berbagai jenis pohon biasanya berbeda beda, hal ini biasanya saya gunakan juga untuk mengenali jenis pohonnya. Seperti pada pohon cemara udang yang memiliki daun bersisik yang bentuknya menyerupai jarum atau daun dari pohon waru yang mempuyai bentuk hati.

5. Kenali ciri unik pada pohon tersebut atau ciri khas nya seperti aroma khas, warna daun, warna bunga, atu warna batang. Pohon leda yang mempunyai nama ilmiah Eucalyptus deglupta ini misalnya, batangnya yang berwarna doreng-doreng membuatnya mudah untuk dikenali.

Nah itu adalah beberapa langkah yang saya lakukan dan mungkin bisa anda terapkan untuk membantu dalam mengenali berbagai jenis pohon. Namun ada saja kendala yang biasanya saya alami ketika belajar dalam mengenali jenis pohon. Bentuk daun pada berbagai pohon terkadang sedikit mirip sehingga butuh ketelitian dalam mengamatinya, selain itu dengan berbagai macam kenampakan pohon dengan begitu banyak nama ilmiahnya membuat saya susah untuk memahani apalagi menghafalnya.

Ayo ajak kawanmu, mantan, gebetan atau mantan gebetan mungkin untuk lebih mengenal berbagai jenis pohon di sekitar kita khususnya dan pohon di hutan Indonesia umumnya. Akan lebih menyenangkan jika kita juga hafal dengan nama ilmiahnya lho dan kita bisa menerapkannya dikehidupan sehari hari. Seperti ketika di pasar misalnya, “pak saya beli buah Mangifera indica nya 1 kilo ya” . Nahloo ada yang tau apa itu Mangifera indica?? hehe

2 Responses to “Cara dan Kendala Mengenali 65 Jenis Pohon”

  1. windigo

    hayy ini komentar
    windigo

  2. Pak Zacky

    Numpang meramaikan blog

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>